Uncategorized

Posisi Pemain di Dalam Sepak Bola

Sepak bola merupakan sebuah permainan sekaligus olahraga yang dilakukan oleh 11 orang pemain di dalam setiap tim.

Pada setiap tim sepak bola, pasti ada seorang penjaga gawang atau kipper dan 10 pemain yang bermain di lapangan dan bertugas mencetak gol ke gawang lawan.

Jumlah pada setiap posisi pemain bergantung pada pola permainan yang telah mereka latih. Setiap tim biasanya memiliki pola yang berbeda-beda.

Sama seperti olahraga tim lainnya, setiap posisi di dalam sepak bola juga membutuhkan keterampilan yang khusus untuk bisa mengisi posisi tersebut.

Namun, ada pula pemain yang bisa mengisi berbagai posisi ini. Biasanya mereka disebut pemain serba bisa.

Nah, untuk kalian yang ingin tahu lebih dalam mengenai berbagai posisi yang ada di dalam permainan sepak bola, yuk simak di bawah ini.

1.Penjaga Gawang

Penjaga Gawang

Seorang penjaga gawang atau yang biasa dipanggil kipper merupakan posisi dengan hal serta kemampuan yang khusus ia miliki.

Tugas mereka adalah mencegah bola masuk ked alam gawang. Bisa dibilang, mereka merupakan palang pintu terakhir bagi lawan sebelum memasukan bola ke gawang.

Selain itu, mereka juga jadi nyawa penentu bagi tim mereka sendiri. Jika kipper sebuah tim hebat, untuk mencetak satu gol saja pasti akan sangat sulit.

Mereka juga biasanya memiliki kemampuan mutlak seperti reflex yang baik dan cepat, postur tubuh yang pas dan ideal, dan lain-lain.

Mereka juga harus memiliki insting yang kuat terhadap lawan, bakat, serta yang paling penting adalah reflex. Jika tidak memilikinya, akan sulit untuk menjadi seorang kipper.

2.Bek

Bek

Bek dibagi menjadi 2 yaitu bek tengah yang menjadi sektor tengah pertahanan. Mereka hampir terus-terusan berada di bagian belakang untuk menjaga bersama penjaga gawang.

Mereka biasanya memiliki bakat dalam menyundul bola dan juga terkadang mereka akan maju jika harus untuk membantu serangan saat terjadi tendangan bebas.

Yang kedua adalah bek sayang yang bertugas menjaga pertahanan sayap. Mereka juga akan membantu serangan tim dari sisi sayap dengan memberi umpan kepada penyerang.

3.Gelandang

Gelandang

Gelandang merupakan pemain tengah yang bertugas menjaga penguasaan bola serta mendapatkan bola.

Mereka juga lah yang nantinya akan memberikan bola kepada penyerang di tim mereka. Mereka juga bisa bertugas sebagai tim bertahan.

Gelandang dibagi menjadi 3 yaitu Gelandang bertahan, gelandang sayap, dan juga gelandang tengah yang memiliki fungsi masing-masing.

Gelandang bertahan bertugas membangun serangan pertama, menghadang serangan balik, dan merusak permainan lawan agar tidak sampai ke dekat gawang.

Sedangkan gelandang sayap bertugas memberik dukungan dari sisi sayap dan juga bertahan jika timnya diserang.

Dan gelandang tengah bertugas menjaga permainan di bagian tengah. Mereka juga mengatur ritme permainan dan membantu pertahanan.

4.Penyerang

Penyerang

Penyerang merupakan mereka dengan posisi terdekat ke gawang lawan. Mereka lah yang nantinya akan mencetak gol.

Posisi ini membutuhkan beberapa kebolehan, yaitu teknik, kecepatan, serta bakat. Penyerang dibagi menjadi 3.

Yang pertama adalah penyerang bayangan dimana ini merupakan posisi murni dengan tugas memberi umpan akurat kepada penyerang murni. Mereka juga akan membuka pertahanan lawan dan mencetak gol.

Yang kedua adalah penyerang murni dimana mereka hanya mencetak gol untuk timnya. Dan yang ketiga adalah penyerang sayang yang mencetak gol dari sisi sayap. Mereka juga membuka ruang ruangan untuk penyerang murni dan memberikan umpan.

Itulah posisi yang ada di dalam sepak bola. Semoga artikel ini bermanfaat.