Uncategorized

KLUB SEPAK BOLA PERSIJA ANDALAN JAKARTA DAN FAKTA MENARIK YANG MENYELIMUTINYA

Ketertarikan yang sama dapat membuat suatu kota atau negara itu bersatu, apakah hal tersebut? Betul sekali sepak bola. Dimana menjadi sebuah perbicangan yang tiada habisnya untuk dibicarakan oleh hampir semua kalangan, mayoritas jatuh pada kaum lelaki.

Mereka dapat mendukung bahkan sangat mencintai club sepak bola tersebut, tidak sedikit dari mereka bahkan ada yang sampai fanatic sekali terhadap club sepak bola tersebut.

Meskipun ada hal positif dan juga negative yang didapati dari mendukung club sepak bola, tetap saja ini akan terus menjadi hal yang sangat menyenangkan untuk dibahas. Pada setiap kota biasanya mereka mempunyai club sepak bola andalan mereka.

Salah satunya yang berasal dari ibu kota Indonesia ini adalah Persija, club sepak bola yang berasal dari Jakarta ini sudah cukup lama melebarkan sayapnya di rumput hijau. Persija sendiri merupakan singkatan yang berarti ‘Persatuan Sepak Bola Indonesia Jakarta’.

Club sepak bola yang didirikan pada tanggal 28 November 1928 ini dapat terus bertahan sampai sekarang, bahkan mereka ini menjadi salah satu club sepak bola yang ada di Indonesia yang memiliki segudang prestasi.

Prestasi yang didapatkanya tersebut adalah juara liga domestic yang diraih sebanyak dua kali serta turnamen perserikatan yang diraih sebanyak Sembilan kali.

Persija ini memiliki daya tarik yang besar, khususnya kepada mantan Gubernur Jakarta, Sutiyoso yang dimana menjadi Pembina Persija.

Setiap idola yang sukses tentunya tidak akan bisa sampai sukses dan terkenal bila tidak ada penggemar dibelakangnya, begitu pun dengan club sepak bola. Mereka tidak akan mengeluarkan performa terbaiknya, bila tidak ada pendukung dibelakangnya.

Penggemar mau pun pendukung biasanya mempunyai nama panggilan, begitu pun dengan Persija ini yang mempunyai para pendukungnya yang setia diberi panggilan The Jakmania.

Saat ini standion kandang dari Persija adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno, dimana sebelumnya memakain Stadion Lebak Bulus. Macam Kemayoran ini mempunyai fakta – fakta menarik yang mungkin belum kamu ketahui, simak ulasannya berikut ini.

1. Mengganti Nama Menjadi Persija

Pada awalnya nama club sepak bola ini bukanlah Persija, melainkan VIJ yang dimana menjadi salah satu club yang memberikan kontribusi saat didirikannya ‘Persatuan sepak bola Seluruh Indonesia’  (PSSI). Disaat negara Indonesia kala itu sudah kembali menjadi negara kesatuan, namanya pun dibukan menjadi Persija yang memiliki singkatan Persatuan Sepak Bola Indonesia Jakarta.

2. Lapangan Baru Pemberian Soekarno

Ternyata presiden pertama Indonesia itu pernah memberikan lapang untuk Persija. Bung Karno memberikan lapang yang bernama Stadion Ikada, berlokasi di Jalan Medan Merdeka Timur.

Ketika Persija sudah 30 tahun berkiprah, Bung Karno memberikan pidatonya tepat tanggal 28 November 1958. Pidato tersebut menyampaikan bahwa para pemain dari Persija agar bersemangat dalam bermain.

Tetapi ketika pembanungan Monas lapangnya pun dipindahkan ke Stadion Menteng yang berlokasi di Jalan HOS Tjokroaminoto.

3. Prestasi

Club sepak bola yang sudah bertahan dengan waktu yang sangat lama ini, tentunya memiliki segudang prestasi yang sudah diraihnya. Dimana Macan Kemayoran ini meraih gelar juara pada Liga Indonesia di tahun 2001, semenjak dari kemenangannya ini membuat mereka terus berupaya memberikan yang terbaik.

Selain mereka juga pernah meriah gelar juara pada ajang Piala Presiden di tahun 2018. Dan masih banyak lagi prestasi membanggakan lainnya.

Itulah fakta – fakta menarik dari Persija dan sekilas profilnya.