Tendangan Sepak Bola
Sepak Bola

MENGENAL JENIS-JENIS TENDANGAN BEBAS SEPAKBOLA

Olahraga sepak bola mungkin tidak terdengar asing di telinga masyarakat. Sebab olahraga yang satu ini merupakan olahraga favorit ditanah air. Selain itu olahraga ini juga merupakan olahraga ajang kompetisi terbesar didunia. Tak hanya di indonesia ajang olahraga ini juga cukup terkenal diseluruh dunia bahkan sampai club sepakbola pun pasti ada diseluruh penjuru dunia. Mungkin tidak ada orang satu pun yang tidak mengenal olahraga ini. tapi apakah kalian seluruh peraturan sepakbola? Olahraga ini memang menjadi olahraga favorit namun tidak semua tahu cara bermain yang benar dan peraturan apa saja yang dimiliki sepakbola ini. salah satu contohnya ialah peraturan dan jenis tendangan bebas dalam sepakbola, tendangan bebas dalam sepakbola memiliki jenis-jenis nya dan aturannya. Berikut jenis-jenis tendangan bebas dalam sepakbola.

1. Tendangan Bebas Jarak Jauh

Tendangan Bebas Jarak Jauh

Pada permainan sepak bola memang banyak sekali aturan. Salah satu nya tendangan bebas. Tendangan bebas jarak jauh ini biasanya dilakukan jauh dari gawang lawan. Tendangan tsb tidak akan mendapatkan penjagaan oleh pagar betis. Jadi tendangan tsb biasanya ditendang melambung jauh atau hanya sekedar oper ke teman terdekat saja.

2. Tendangan Bebas Jarak Dekat

Tendangan Bebas Jarak Dekat

Nah tendangan bebas jarak dekat ini sudah pasti aka nada pagar betis yang menjaga gawangnya, biasanya ditendangkan secara langsung atau dijadikan umpan saja, tapi tendangan bebas memiliki persentase gol tidak sebesar tendangan pinalti pada umumnya.

Memang peraturan sepakbola mengenai tendangan bebas sangatla bervariatif. Ada yang mengkategorikan nya sesuai dengan teknis bermain. Dimana tendangan bebas langsung dan tendangan bebas tidak langsung. Tendangan bebas langsung biasanya bertujuan untung menendang langsung kea rah gawang lawan dan tujuannya untuk mencetak gol secara langsung. Sedangkan tendangan bebas tidak langsung biasanya tujuannya untuk mengoper kepada teman jadi tidak langsung ke gawang dengan tujuan mencetak gol. Tendangan bebas tidak langsung ini biasanya juga diberikan karena pemain melakukan permainan yang berbahaya, menghalangi pergerakan pemain lawan dengan badan, lalu menghalangi kipper mengambil bola, saat kartu kuning atau kartu merah diberikan.

Selain itu tendangan bebas tidak langsung boleh dilakukan di  titik selain terjadinya pelanggaran jika pelanggaran terjadi di area permainan sendiri. Tendangan satu ini diberikan karena sejumlah hal misalnya pemain ini melakukan tindakan berbahaya seperti menendang bola yang sedang dipegang penjaga gawang, lalu offside, menghalangi pergerakan lawan dengan badan sementara posisinya jauh dari bola, lalu membahayakn pemain lain misalnya menendang terlalu tinggi di dekat lawan atau menyundul bola terlalu rendah ketika akan ditendang lawan. Dan lain sebagainya.

Pada tendangan bebas banyak juga yang mengira bahwa sama dengan penalty. Padahal penalty dan tendangan bebas itu berbeda. Jika pelanggaran oleh tim lawan terjadi di area kotak penalty, maka akan berbuah penalty kick. Nah eksekusi tendangan penalty pun bebas dilakukan tanpa boleh adanya pagar betis pemain lawan. Begitulah kira-kira aturan tendangan bebas sepak bola. Tidak hanya dilihat dari jarak namun juga dilihat dari teknisnya. Banyak yang tidak mengetahui aturan-aturan yang seperti ini. namun dalam bermain bola aturan tendangan bebas sangat krusial pada pelanggaran, oleh sebab itu perlunya mengetahui tiap aturan dalam bermain sepak bola.

Banyak pemain sepakbola yang sering mengeksekusi tendangan bebasnya secara mulus seperti david beckham, Roberto carlos, christiano Ronaldo, Ronaldinho dan masih banyak lagi.